Sekda Kota Medan Buka Raker DPRD Kota Medan di Sibolangit 

Sekda Kota Medan Buka Raker DPRD Kota Medan di Sibolangit 

topmetro.news – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wiriya Alrahman mewakili Walikota Medan, Bobby O Nasution membuka rapat kerja (raker) DPRD Medan yang berlangsung di Sibolangit mulai Minggu hingga Selasa (16-18 Juli 2023).

Dalam sambutannnya, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE menyebutkan, raker DPRD Medan diharapkan membawa perubahan positif bagi peningkatan kinerja dewan serta mampu merumuskan dan menyepakati program kerja tahun 2024 yang lebih berkualitas.

Selain dihadiri Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, turut hadir sekretaris dewan DPRD, Muhammad Ali Sipahutar, Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Horas Maurits Panjaitan, Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Makmur Marbun, perwakilan BPKP Sumut, mewakili Kemenkumham Sumut, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kota Medan dan para unsur pimpinan, Ketua Fraksi, Ketua Badan, serta anggota DPRD Kota Medan.

“Tema rapat tersebut, Bergerak Berkolaborasi untuk Percepatan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan Mewujudkan Kota Medan yang Berkah, Maju, dan Kondusif,” ungkap Hasyim, menegaskan komitmen untuk turut berpartisipasi aktif mengakselerasi pelayanan publik yang berkualitas dan berkelanjutan, seiring dengan peningkatan akuntabilitas tata kelola pemerintahan, melalui optimalisasi tri fungsi dewan.

Oleh karena itu, kata Hasyim, di tahun 2024, perlu mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di berbagai sektor. Seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pelayanan masyarakat lainnya. Selain itu memastikan bahwa warga Kota Medan mendapatkan akses yang mudah, cepat, dan berkualitas terhadap layanan yang mereka butuhkan.

“Untuk itu sangat perlu kerjasama DPRD dengan Pemko Medan dan berbagai pemangku kepentingan untuk merancang dan melaksanakan program-program yang tepat sasaran,” imbuhnya.

Bangun Kota Medan

Apalagi menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Hasyim mengatakan sebagai wakil rakyat, memiliki amanah untuk turut serta menjaga kekondusifan Kota Medan, membangun Kota Medan dengan budaya dan peradaban yang lebih demokratik dengan upaya meningkatkan literasi publik.

Hasyim pun mengajak anggota dewan memanfaatkan rapat kerja sebagai wadah untuk berdiskusi, berbagi ide, dan membangun komitmen bersama. Mewujudkan visi Kota Medan memerlukan kolaborasi melalui program kerja tahun 2024 agar lebih produktif, tangguh, dan memberikan dampak dan kemanfaatan nyata bagi Kota Medan.

“Pada rapat kerja ini, kita saling mendengarkan, berbagi gagasan, dengan tetap menghormati perbedaan pendapat untuk mencapai kesepakatan yang terbaik. Saya mengajak semua anggota DPRD Kota Medan untuk menjalin kerjasama yang kuat, mengedepankan kepentingan masyarakat di atas segalanya. Dan bekerja secara sinergis dengan Pemko Medan,” bebernya.

Sementara itu, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman saat membacakan sambutan Walikota Medan, menerangkan, DPRD Kota Medan sebagai representasi dari masyarakat Kota Medan, harus mampu menyahuti aspirasi warga masyarakat yang diwakilinya. Apabila aspirasi ini tidak mampu ditindaklanjuti, maka hal ini pasti akan menjadi preseden buruk bagi lembaga DPRD Kota Medan .

“Untuk itu, kedepannya perlu dilakukan suatu perencanaan program yang baik agar kebutuhan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan bai. Sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai,” kata Wiriya.

Wiriya percaya pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan terus mematangkan rencana kerja dalam upaya menyusun program kerja DPRD tahun 2023. Ia juga berharap sinergi antara Pemko Medan dengan DPRD Kota Medan harus senantiasa dijaga agar selalu terjalin dengan harmonis.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar dalam sambutannya menambahkan, rapat kerja DPRD Kota Medan tahun 2023 harapannya dapat membawa perubahan bagi Kota Medan.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment